Kamis, 22 Januari 2015

Marketing Online Strategic in 2015

antonnusantara.blogspot.com
Marketing Online Strategic in 2015

Tahun 2014 memberikan banyak pelajaran bagi para pebisnis, mulai dari perencanaan bisnis, cara berbisnis, hingga teknik pemasaran atau marketing. Begitu banyak hal yang didapatkan dalam mempelajari teknik pemasaran di tahun 2014, salah satunya yaitu online marketing.
Untuk menghadapi perkembangan teknologi dan dunia bisnis yang akan semakin pesat di kemudian hari, maka perlu kita persiapkan segalanya dari sekarang. Terlebih tahun 2015 mendatang, Indonesia juga akan masuk dalam persaingan AFTA yang mengharuskan para UKM baik offline maupun online untuk bersaing secara global. Dan itu sebabnya perlu kita perhatikan apa saja yang akan berkembang untuk teknik online marketing di tahun 2015 mendatang.

1. Perkembangan teknologi membuat akses mobile semakin diminati

Kita tahu, hampir semua orang tidak bisa lepas dari teknologi mobile. Gadget yang setiap hari dibawa, internet yang setiap hari dimanfaatkan dan juga bisnis online yang hampir setiap hari memiliki transaksi yang tidak sedikit. Perkembangan teknologi smartphone juga membuat akses mobile setiap kegiatan semakin dicari dan diminati. Setiap orang selalu menuntut kecepatan, dan kemudahan. Untuk itu mereka lebih memilih menggunakan teknologi mobile untuk melakukan aktivitas bisnisnya.
Di tahun yang akan datang, akses mobile juga masih mendominasi online marketing terutama di Indonesia. Diharapkan setiap orang bisa mengakses apapun melalui smartphone mereka. Mengerjakan tugas, menyelesaikan persentasi, dan bahkan melakukan transaksi hanya melalui teknologi mobile. Itu sebabnya perlu kita persiapkan aplikasi mobile yang user friendly dan mudah untuk dijangkau siapapun.

2. Mengembangkan online marketing dari konten marketing yang dibuat

Menurut studi yang dilakukan oleh B2B Content Marketing Benchmark, diperkirakan konten marketing yang dibuat secara online akan mengalami peningkatan yang cukup besar bila dibandingkan dengan tahun 2014. Selain konten marketing berupa teks, konten marketing seperti audio, video dan juga visual juga semakin dicari. Karena setelah ini semua bukan hanya akan mencari informasi penting berupa teks, tapi juga mencari kemudahan dalam pemahaman yang bisa dijelaskan dalam konten marketing lainnya.

3. Dan media sosial masih menjadi ujung tombak dari pemasaran online marketing

Ketika 2014 booming dengan banyaknya sosial media yang bermunculan dan aktif digunakan masyarakat. Maka di tahun 2015 juga masih akan menjadi tahun bagi media sosial untuk booming. Selama ini kita hanya tahu bahwa media sosial adalah tempat untuk bertemu teman lama, mencari teman baru, berbagi status, gambar dan informasi penting lainnya, tapi sekarang media sosial sudah jauh lebih canggih dari itu.
Sekarang masyarakat sudah mulai memanfaatkan media sosial untuk kepentingan bisnis mereka. Bukan hanya bisnis online saja, tapi juga bisnis offline yang menggunakan teknik pemasaran online marketing. Sehingga tidak heran 2015 mendatang masih menjadi tahun kejayaan untuk media sosial sebagai media para marketeers untuk berbisnis.

4. Selanjutnya akan mulai dihubungkan, antara media sosial, SEO dan konten marketing

SEO atau Search Engine Optimization akan semakin dilirik para pemasar online. Setelah berkali – kali Google meluncurkan algoritma untuk memperbaiki sistem SEO untuk website di seluruh dunia, maka pemilik website sudah bisa mengoptimasikan SEO mereka dengan lebih baik. Karena jelas online marketing membutuhkan peran SEO dalam mempromosikan website dan konten mereka di Google. Melalui bantuan keyword, Meta Descriotion, Penggunaan Indeks dan berbagai teknik SEO lainnya, konten online marketing kita bisa dikenal oleh para pengguna internet.

5. Marketing via email juga akan mengalami pembaharuan

Selain media sosial dan SEO, konten marketing via email juga akan mengalami pembaharuan. Saat ini email bukan hanya berupa teks, tapi juga bisa berupa gambar dan bahkan video. Untuk meningkatkan efektivitas penyampaian pesan kepada calon pelanggan, sejumlah brand bisnis modern menggunakan email sebagai media promosi mereka. Upaya penyampaian ini bukan hanya sebatas email penawaran saja, tapi juga bisa berupa email berlangganan atau newsletter dan juga email berupa tips atau informasi penting lainnya.

6. Dunia onlinepun akan semakin terlihat nyata melalui interaksi yang terjalin secara alami

Perkembangan media sosial membuat para pemilik bisnis harus bisa melihat lebih jeli terhadap semua peluang yang ada. Mereka akan saling berpacu untuk mempromosikan brand bisnis melalui media sosial. Saling beradu untuk menarik perhatian netizen melalui interaksi yang dibangunnya.
Saat ini komunikasi via media sosial juga harus memanusiakan penggunanya. Karena sekalipun tidak bertatap muka secara langsung, audiens akan lebih nyaman ketika mereka berinteraksi dengan manusia bukan robot. Ini bisa diterapkan melalui interaksi komentar ataupun pesan.

7. Dan semua pemasar akan membuat promosinya semakin halus dan lebih natural

Promosi memang menjadi tugas tim online marketing. Tapi perlu diingat bahwa tidak semua pengguna internet mau untuk melihat atau membaca konten dengan konsep promosi yang terlalu kentara. Ini membuat tim online marketing harus berfikir keras untuk bisa menyajikan konten promosi secara harus dan terilhat sangat natural.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar